Tips Liburan murah yang kamu banget!

 

Tips Liburan murah memang sering dicari-cari. Siapa sih yang tidak butuh liburan untuk mengisi kembali semangat yang perlahan luntur oleh rutinitas pekerjaan ataupun kuliah? Sayangnya, banyak yang menunda liburannya karena alasan biaya. Tanpa disadari, akhirnya liburan hanya menjadi sekedar angan. Ikuti tips di bawah ini untuk tips liburan murah yang ramah di kantong!

Eat like a local

tips liburan murah

Tidak selamanya makan direstoran lebih enak. via glaciermedia.ca

Umumnya, destinasi wisata dipenuhi rumah makan ‘khas’ yang ditujukan untuk turis-turis sehingga seringkali harga yang ditawarkan tidak ramah kantong. Selagi kamu berada di destinasi yang menarik, coba rasakan hidup seperti warga lokal disana. Cari tahu dimana mereka makan, meskipun terkadang restorannya terlihat biasa saja, namun rasanya bisa jadi lebih lezat dibanding restoran ‘khas’ yang selalu dipenuhi turis itu. Kamu bisa makan dengan lebih nyaman dan mendapat pengalaman yang berbeda!

Gunakan website pembanding harga

tips liburan murah

Jangan lupa bandingkan harga lebih dulu sebelum pesan tiket ya guys! via reputationcrisis.files.wordpress.com

Beberapa website seperti Trivago, Kayak, hingga SkyScanner menawarkan jasa perbandingan harga antar hotel maupun tiket pesawat. Kamu bisa menentukan jam penerbangan yang lebih murah hingga pilihan kamar hotel termurah antar booking website.

Jangan takut untuk berjalan lebih jauh

tips liburan murah

Liburan lebih enak jalan kaki, lebih dapet momennya aja gitu. via health.gfmwellness.com

Banyak wisatawan yang memilih moda transportasi yang cukup mahal seperti taksi hingga mobil sewaan karena khawatir tersesat di lokasi wisata. Hal ini dapat diantisipasi dengan meriset tujuan wisatamu sebelum perjalanan dan memilih tempat menginap dengan posisi yang strategis, sehingga berjalan kaki dapat menjadi solusi menghemat biaya. Dengan berjalan kaki, kamu dapat lebih menikmati lingkungan sekitarmu dan menemukan hal-hal menarik yang mungkin terlewatkan jika berkendara dengan mobil. Psst, sebenarnya tersesat saat berlibur dapat menjadi cerita yang seru saat kamu pulang, lho!

Anggarkan dengan baik dan bawalah uang tunai

tips liburan murah

Bawa uang cash saja agar lebih hemat pengeluaran. tidak percaya? silahkan dicoba. via i.ytimg.com

Hitung baik-baik cost pengeluaranmu saat liburan, jangan sampai menghabiskan seluruh isi tabungan. Dengan merencanakan besar pengeluaran, kamu dapat mengurangi resiko membelanjakan uang lebih dari kemampuan. Selalu bawa uang tunai selama kamu berlibur, hal ini akan membantumu dalam mengatur pengeluaranmu selama liburan. Dengan membawa uang tunai, kamu bisa melihat langsung berapa uang yang tersisa, sehingga dapat mempertimbangkan matang-matang sebelum mengeluarkan uang. Jika takut kecurian, bawalah uang secukupnya saja, namun tetap bawa kartu debit dan kartu kredit (Visa atau MasterCard) sebagai cadangan jika ada pengeluaran mendadak.

Enjoy what nature has to offer

tips liburan murah

Naik-naik kepuncak gunung asik juga. via bestairmattressguide.com

Salah satu pengeluaran terbesar saat liburan adalah biaya masuk objek wisata, terutama jika kita berwisata ke luar negeri. Untuk menghindari hal ini, ganti tujuan wisatamu dengan pantai, bukit atau air terjun yang tiket masuknya relatif murah hingga gratis. Lebih baik lagi, jika kamu dapat berkenalan dengan warga lokal yang berbaik hati untuk menunjukkan spot-spot tersembunyi yang belum ditemukan banyak wisatawan. Terkadang, spot-spot ini jauh lebih indah dari tujuan wisata yang sudah terkenal karena keindahan aslinya masih terjaga. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihannya, ya!